7 Komponen Utama Komputer Dan Fungsinya Bagi Kalian Yang Ingin Membuat Komputer

7 Komponen Utama Komputer Dan Fungsinya Bagi Kalian Yang Ingin Membuat Komputer

Setiap komputer tentu mempunyai sebuah CPU guna menjalankan kinerjasebuah komputer tersebut sendiri. Tanpa CPU, suatu komputer rasanyatidak bisa berjalan dengan lancar. Bahkan, tidak bisa berjalan sama sekali. CPU (Central Processing Unit) ialah suatu induk atau pusat pemprosesan data dari perlengkapan komputer. Sementara di dalam unit CPU, terdapatsejumlah komponen yang saling terhubung satu sama lain. Dan ini adalahhal urgen untuk bisa memproses sebuah data dari perlengkapan komputer yang sudah dilafalkan tadi. Adapun komponen-komponen CPU komputer beserta fungsinya ialah sebagai berikut:

1.    Casing CPU.
Casing CPU seringkali terbuat dari plastik dan sejumlah juga tercipta dari besi, stainless, dan beda sebagainya. Casing ini bermanfaat untuk melindungi sekian banyak  komponen-komponen yang ada dalam CPU, tentunyaguna lebih mengayomi dari debu, panas, air, atau hal-hal beda yang dikhawatirkan bakal mengganggu kinerja CPU tersebut sendiri.

Di samping itu, Casing juga bermanfaat sebagai lokasi kita menempatkan dan memasang sekian banyak  komponen laksana motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan masih tidak sedikit yang lainnya.

2.    Motherboard.

Motherboard ini adalahsebuah papan sirkuit tempat sekian banyak  komponen elektronik dan komputer lainnya dipasang dan dapat terhubung satu dengan yang lain. Adapun komponen-komponen yang menjadi unsur inti dalam motherboard ini ialah processor, sound card, video card, hard disk, dan beda sebagainya.

Motherboard juga bermanfaat sebagai media penghubung untuk masing-masing komponen komputer supaya dapat saling berkomunikasi dengan komponen komputer lainnya.

Di samping itu, masing-masing motherboard mempunyai acuan spesifikasi yang berbeda-beda. Misalnya, spesifikasi processor laksana apa yang bisa tertanam dan didukung motherboard itu. Dan seberapa besar kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh Motherboard tersebut.

Hal ini menafsirkan bahwa tidak seluruh motherboard CPU tersebut sama. Serta tidak bisa sembarangan pun memasang masing-masing komponen di motherboard CPU. Sebab, bilamana tidak didukung, bisa jadi komponen itu tidak bakal terbaca dalam perlengkapan komputer anda.

3.    Processor.

Processor di antara komponen inti yang ada dalam CPU komputer. Sebab,andai tidak terdapat processor, bisa jadi perangkat komputer tidak bisa bekerja sama sekali. Oleh karena itu, tidak sedikit yangmelafalkan bahwa processor ialah otak dari komputer. Semua proses maupun perintah akan digarap pada processor meskipun masih dengan pertolongan komponen-komponen lainnya. Maka demikian, semakin tinggi kecepatan sebuah processor, maka semakin cepat pula komputer dalam memproses sekian banyak  macam data.

4.    Kipas Processor.

Komponen yang satu ini adalahsebuah perlengkapan yang dipekerjakan untukmenolong kinerja sebuah processor. Kipas Processor bermanfaat sebagai pendingin dan menjaga supaya suhu processor tetap dingin dan stabil. Hal ini bertujuan supaya perangkat processor komputer anda tidak cepat overhead maupun rusak.

5.    RAM.

RAM (Random Access Memory) adalahsalah satu komponen yang ada padaunsur unit CPU. RAM pun memiliki status yang penting untuk perangkat komputer. Pasalnya, komponen yang satu ini bekerja sebagai lokasi menampung data sedangkan yang sudah diproses processor sebelum dilanjutkan untuk komponen-komponen lain.

RAM pun dapat diganti dengan ukuran kapasitas yang lebih banyak ataupun kecil, tetapi hal ini pun harus menurut keterangan dari maksimal RAM yang terdukung di motherboard anda. Sebesar apapun kapasitas kenangan RAM anda, namun jika urusan tersebut tidak didukung oleh motherboard, makadapat dipastikan urusan itu tidak bisa terbaca oleh suatuperlengkapan komputer.

Terlepas dari itu, satuan RAM seringkali menggunakan perhitungan byte. Dan kapasitas RAM yang beredar di pasaran seringkali berkapasitaslaksana berikut:

256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, dan lain-lain
Jenis kenangan yang masih diproduksi ketika ini ialah :·    DDR-1·    DDR-2·    DDR-3·    DDR-4 6.    Hardisk (HDD).

Layaknya seperti suatu SD Card dalam smartphone, Hardisk juga bermanfaat untuk menyimpan sekian banyak  data dan pun menyimpan sekian banyak  sistem operasi dari suatu perlengkapan komputer tersebut sendiri. Hardisk seringkali menggunakan perhitungan byte. Dan semakin besar kapasitas hardisk, maka semakin tidak sedikit pula data-data konvensional yang dapat kamu simpan.

7.    VGA CARD (Video Graphic Adapter).

VGA (Video Graphic Adapter) adalahsalah satu komponen yang dirasa sangaturgen untuk sebuah perlengkapan komputer. Sebab, komponen yang satu inibermanfaat sebagai pengolah data grafis sebelum diperlihatkan ke monitor. Tanpa VGA, maka layar komputer dapat dipastikan tidakmemperlihatkan apa-apa, alias blank.

Sumber Agent88Bet